Lomba Hari Tuberkulosis Sedunia 2022





Latar Belakang

Saat ini, Indonesia masih menjadi negara dengan beban penyakit tuberkulosis (TBC) terbesar ketiga di dunia setelah China dengan estimasi 824.000 jumlah kasus dengan kematian sebanyak 13.110 dan hanya 47% kasus yang terlaporkan menurut Organisasi Kesehatan Dunia (Global TB Report 2021, WHO). TBC juga menjadi penyebab komplikasi terbesar pada orang dengan HIV dengan jumlah 18.000 kasus orang menderita TBC-HIV sementara kematian akibat TBC pada Orang dengan HIV adalah 4.800 jiwa. Selain itu, data Kementerian Kesehatan RI menunjukkan cakupan pengobatan TBC secara nasional mengalami penurunan dari 67% di tahun 2019 menjadi 42% di tahun 2020. Ditambah pandemi COVID-19 melanda 2 tahun terakhir, menyebabkan upaya penanggulangan TBC berbasis masyarakat mengalami hambatan yang signifikan.

Mengingat tingginya kasus dan beban kematian akibat tuberkulosis, dunia telah berkomitmen untuk bebas TBC pada tahun 2050, sementara itu Indonesia berkomitmen untuk eliminasi TBC pada tahun 2030. Apabila tidak mendapatkan perhatian dan komitmen yang serius untuk mengakselerasi eliminasi TBC, target Indonesia untuk eliminasi TBC di 2030 dapat tidak tercapai. Permasalahan TBC ini tidak dapat selesai jika hanya dibebankan pada sektor kesehatan saja, akan tetapi perlu koordinasi lintas sektor untuk menyelesaikan permasalahan TBC di Indonesia dan menempatkan TBC sebagai isu utama di semua sektor, tak terkecuali peran dari seluruh elemen masyarakat.

Situasi pandemi memberikan tantangan baru bagi pemangku kepentingan program TBC untuk memulihkan upaya-upaya mengejar Eliminasi TBC secara lebih efektif. Akses terhadap pelayanan kesehatan untuk TBC yang menurun di masa pandemi dapat ditingkatkan dengan upaya promosi kesehatan secara digital. Upaya promosi kesehatan merupakan salah satu intervensi utama dalam Strategi Nasional Penanggulangan TBC 2020-2024 yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 67 Tahun 2021 tentang Penanggulangan Tuberkulosis (Perpres No. 67/2021).

Salah satu bentuk upaya promosi kesehatan yang bisa diterapkan dalam era digitalisasi saat ini adalah menggunakan media elektronik yang dipublikasi di media sosial. Di Indonesia, pengguna media sosial meningkat 10 juta atau sekitar 6,3% dari 160 juta di tahun 2020, sehingga jumlah pengguna aktif media sosial mencapai 170 juta orang di Januari 2021. Apabila dilihat berdasarkan jumlah penduduk di Indonesia, dari 274,9 juta penduduk, terdapat 170 (61,8%) penduduk yang menggunakan media sosial atau hampir setengah lebih penduduk Indonesia menggunakan media sosial.

Banyaknya pengguna media sosial memberikan peluang yang besar dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terkait TBC, baik itu pencegahan, pengobatan maupun rehabilitasi. Dalam menyambut momen Hari Tuberkulosis Sedunia tahun 2022, kami akan mengadakan lomba tingkat nasional dengan tema Periksa TBC Sekarang Demi Masa Depan Lebih Sehat. Kegiatan ini akan mengajak seluruh masyarakat, termasuk pasien TBC, penyintas TBC, dan masyarakat umum untuk berpartisipasi dalam memperingati momen tersebut melalui kegiatan yang akan diusung oleh Stop TB Partnership Indonesia.


Tujuan

Meningkatkan cakupan kampanye TBC melalui lomba tingkat nasional yang bertema “Periksa TBC Sekarang Demi Masa Depan Lebih Sehat”.


Keluaran

1. Enam pemenang (juara 1,2,3 dan juara favorit 1,2,3) kategori lomba poster

2. Enam pemenang (juara 1,2,3 dan juara favorit 1,2,3) kategori lomba video pendek

3. Enam pemenang (juara 1,2,3 dan juara favorit 1,2,3) kategori lomba desain merchandise




Kategori Lomba

Kompetisi tingkat nasional untuk sasaran masyarakat umum termasuk pasien TBC dan penyintas TBC. Perlombaan dibagi menjadi 3 kategori, yaitu poster, video pendek dan desain merchandise. Poster dan video pendek bersifat edukasi TBC. Poster dan video pendek akan mengusung tema Periksa TBC Sekarang Demi Masa Depan Lebih Sehat, sementara desain merchandise akan disesuaikan dengan branding guideline STPI. Setiap perlombaan diadakan secara GRATIS.


Cek TOR masing-masing kategori lomba selengkapnya disini:


TOR Lomba Poster: https://bit.ly/HTBS2022-LombaPoster


TOR Lomba Video Pendek: https://bit.ly/HTBS2022-LombaVideo


TOR Lomba Desain Merchandise: https://bit.ly/HTBS2022-Merchandise


Timeline Lomba



*Jika ada perubahan timeline, maka akan diumumkan di Instagram STPI