top of page
Single Post: Blog_Single_Post_Widget

Indonesia Muda untuk TBC (IMUT) Turut Berpartisipasi dalam PHC Fest by CISDI

Saat ini, Indonesia berada pada posisi kedua dengan kasus tuberkulosis terbanyak setelah India. Hal tersebut perlu menjadi perhatian bersama mengingat tuberkulosis adalah penyakit menular dengan jangka pengobatan yang cukup panjang. Sehingga, diperlukan kerjasama antarpihak dari semua lini seperti sektor pemerintah, swasta, komunitas, Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dan gerakan lainnya untuk mencapai Indonesia bebas tuberkulosis.


Indonesia Muda untuk Tuberkulosis (IMUT) merupakan salah satu gerakan anak muda Indonesia yang hadir sebagai wadah untuk meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap eliminasi TBC. Berdiri sejak tahun 2019, IMUT hadir untuk melibatkan kaum muda secara bermakna dalam upaya mengakhiri tuberkulosis di Indonesia.


Salah satu kegiatan yang dilaksanakan IMUT pada bulan Mei adalah menjadi bagian dari Primary Health Care (PHC) Fest 2023 yang diselenggarakan oleh Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI) pada Sabtu dan Minggu, 27-28 Mei 2023. PHC Fest menyajikan berbagai kegiatan menarik, mulai dari talkshow, lokakarya, peluncuran buku intervensi Puskesmas Terpadu dan Juara (PUSPA) di Jawa Barat, screening film dokumenter tentang kader kesehatan berjudul Dari Rumah ke Rumah, pertunjukan stand up comedy, Puskesmas Kaget dan banyak lainnya.


Dalam kegiatan Puskesmas Kaget, IMUT berkolaborasi dengan Stop TB Partnership Indonesia (STPI) menyediakan booth yang berfungsi memberikan edukasi dan skrining TBC kepada seluruh pengunjung yang hadir. Pertama, seluruh pengunjung diarahkan untuk skrining dengan diberikan beberapa pertanyaan terkait gejala tuberkulosis. Selanjutnya, pengunjung diberikan edukasi terkait TBC, dan diberikan informasi terkait gerakan IMUT serta cara bergabung dengan gerakan muda untuk tuberkulosis ini. Selain itu, IMUT juga menyediakan beberapa games kepada pengunjung dengan reward berupa uang tunai, stiker dan pin.




Dengan adanya kegiatan PHC Fest ini, tentunya semua berharap bahwa generasi muda dapat lebih memahami TBC dan cara pencegahan penyakit tersebut. Mereka tentunya dapat berperan aktif menjadi agen perubahan membantu pemerintah dalam eliminasi TBC dengan menjadi bagian dari IMUT Indonesia.


122 tampilan0 komentar

Comments


Artikel Lainnya

Artikel Terbaru

bottom of page