Our Recent Posts

Tags

SITRUST – Aplikasi Treking Transportasi Spesimen untuk Pemeriksaan Laboratorium Tuberkulosis


Sejak tahun 2010, WHO merekomendasikan penggunaan Tes Cepat Molekuler (TCM) sebagai pemeriksaan awal untuk diagnosis terduga tuberkulosis (TBC), terutama orang terduga TBC Resistan Obat (RO). Proses pemeriksaan TCM hanya 90 menit dibandingkan dengan tes sputum mikroskopik atau tes dahak yang dapat membutuhkan waktu lebih dari 2 jam untuk mendapatkan hasil.

TCM sudah diperkenalkan di Indonesia secara gradual sejak tahun 2013. Semakin banyak wilayah yang menggunakan mesin ini tetapi jumlahnya masih terbatas 1 atau 2 alat di setiap Kabupaten/Kota, umumnya di Rumah Sakit, dan optimalisasinya belum optimal. Fasilitas kesehatan (faskes) primer dapat mengakses TCM dengan merujuk pasien untuk melakukan pemeriksaan di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan.

Proses ini dipermudah dengan mekanisme pengiriman spesimen dahak yang diinisiasi oleh Yayasan KNCV Indonesia (YKI) dengan dukungan Global Fund. YKI merealisasikan ide untuk membuat wadah kerjasama antara 3 pengguna/user (faskes pengirim, faskes penerima, dan kurir) aplikasi sistem informasi khusus pengiriman spesimen dahak atau SITRUST (Sistem Informasi TReking Untuk tranSporTasi spesimen).

“Kami ingin terlibat dalam memastikan informasi pencatatan dan pelaporan karena tuberkulosis ini pengobatannya cukup panjang dan pemeriksaannya memiliki kompleksitas tersendiri terutama untuk pasien-pasien yang resistan (dengan pengobatan lebih lama) maka dari itu kami kembangkan SITRUST, sistem aplikasi untuk spesimen transport agar mempermudah akses ke pemeriksaan TCM”,

ujar Direktur Eksekutif YKI, Jhon Sugiharto.

SITRUST dapat memantau pergerakan pengiriman spesimen dimulai dari pemesanan (order) oleh faskes pengirim, penjemputan dan pengiriman oleh kurir, serta konfirmasi penerimaan dan umpan balik (feedback) oleh faskes penerima. Faskes pengirim adalah faskes yang tidak memiliki mesin TCM namun mampu memberikan layanan pengobatan pasien TBC-RO. Faskes penerima merupakan faskes yang memiliki mesin TCM. Sedangkan, kurir dapat menggunakan kurir internal (staf faskes) maupun kurir eksternal (kerja sama dengan layanan jasa pengiriman; contoh: PT. Pos).

SITRUST menjadi proyek pertama YKI di tahun 2017 dan telah diadaptasi di 16 provinsi dari hampir 200 kabupaten/kota. YKI sendiri bertindak sebagai host server dari aplikasi tersebut, sehingga para pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi berbasis Android ini di PlayStore. Selain menggunakan data internet, SITRUST ini juga dapat menggunakan pesan singkat (SMS-based) sehingga untuk beberapa daerah yang koneksi internetnya masih lemah dapat mengirimkan informasi melalui fitur SMS di aplikasi ini.

SITRUST juga membantu rekapitulasi pencatatan dan pelaporan pengiriman spesimen secara elektronik, termasuk rekapitulasi hasil pemeriksaan laboratorium sebab formulir TB-05 (fisik dan elektronik) juga disisipkan dalam pengiriman spesimen maupun pengiriman kembali.

Tampilan Aplikasi SITRUST

YKI sedang menyiapkan fitur beranda yang akan diluncurkan di situs web sehingga setiap Dinas Kesehatan provinsi yang menggunakan SITRUST dapat melihat tren pengiriman spesimen oleh faskes, dan tren kabupaten/kota. Informasi tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pemantauan implementasi pengiriman spesimen di daerah tersebut. Dari hasil pemantauan YKI saat ini, hampir 3000 spesimen telah diantarkan setiap bulannya dengan rata-rata waktu kirim sekitar 1-2 hari dengan maksimum 3 hari tergantung keadaan geografis di daerah tertentu.

Penyerahan Spesimen Uji yang Telah Dikemas dengan Pengiriman SITRUST

Pemanfaatan teknologi informasi yang dilakukan oleh YKI merupakan salah satu cara organisasi non-Pemerintah dapat berkontribusi secara inovatif untuk program TBC di Indonesia. YKI menyadari setiap pasien memiliki kebutuhan dan situasi yang berbeda-beda dan situasi inilah yang menentukan bagaimana pasien membuat keputusan dalam menjalani pengobatannya sampai selesai.

YKI merasa perlu mengambil andil untuk meningkatkan kualitas perawatan TBC yang berpusat pada pasien. Hal ini dimulai dari penyediaan dan akses informasi di masyarakat, upaya untuk mendapatkan diagnosis yang tepat hingga penyediaan pelayanan pengobatan serta sistem informasi yang terintegrasi. Hingga saat ini YKI terus melakukan upaya agar informasi dan pelayanan TBC yang berkualitas dapat mudah diakses oleh pasien. Dengan adanya aplikasi SITRUST, pasien dimudahkan untuk mendapatkan pelayanan pemeriksaan TBC tanpa harus berpindah faskes.

Kick-off Nasional Pelaksanaan SITRUST


 

(021) 782 1932

©2018 Forum Stop TB Partnership Indonesia. Proudly created with Wix.com