top of page
Single Post: Blog_Single_Post_Widget

Kabar Baik Dari Dunia Kesehatan! Orang Dengan Tuberkulosis Resisten Obat, Bisa Sembuh Dalam 6 Bulan!



Pengobatan Tuberkulosis resisten obat kini dapat memiliki pilihan pengobatan dengan durasi lebih pendek, yakni menjadi enam bulan dengan paduan BPaL/M atau bedaquiline, pretomanid, dan linezolid/moxifloxacin. Selain lebih singkat, efek samping pengobatan juga dapat dikurangi dengan paduan ini. Hal tersebut diharapkan mampu meningkatkan kepatuhan pengobatan dan tingkat kesembuhan pada pasien.


Paduan BPaL/M direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Desember 2022. BPaL/M memiliki tingkat efektivitas hingga 90 persen dan durasi pengobatan adalah enam bulan. Sementara itu, efektivitas pengobatan tuberkulosis resisten obat (TBC RO) saat ini sebesar 60-80 persen dengan durasi pengobatan 9-12 bulan atau 8-20 bulan.


Yulinda selaku penyintas dan Manager Kasus Tuberkulosis mengungkapkan “Sudah ada BPaL sebagai pilihan pengobatan terbaru TBC RO yang hanya 6 bulan saja, namun ketersediaannya masih terbatas. Sehingga harapan kedepannya pengobatan BPaL/M ini bisa lebih meluas”,  ujar Yulinda.


Selama ini tantangan dari pasien adalah kerap menerima stigma negatif dari masyarakat, dengan adanya regimen BPaL/M, masa perjuangan untuk sembuh dari sakit dan stigma yang kerap di terima, bisa dihadapi dengan lebih singkat.


Nurul Luntungan selaku Ketua Yayasan Stop TB Partnership Indonesia juga mengungkapkan “Semakin lama sembuh, semakin banyak beban yang harus dihadapi orang dengan TBC RO,  seperti beban ekonomi termasuk stigma dan diskriminasi yang masih ada, dengan adanya BPaL/M, tantangan tersebut bisa kita lewati lebih cepat sambil menyelesaikan PR lainnya” tutur Nurul.Saat ini komitmen dunia untuk mengeliminasi Tuberkulosis yang jatuh di tahun 2030 tinggal 6 tahun lagi, komitmen dari lintas sektor sangat diperlukan “Komitmen global menargetkan ada 45 juta orang dengan TBC yang terobati. Sehingga harapannya di tahun 2028 harusnya sudah ada vaksinasi TBC yang lebih efektif terutama bagi orang dewasa, paduan BPaL/M juga memberikan dampak baik dalam eliminasi TBC, sehingga jika ini terus berjalan dengan baik, mimpi kita untuk eliminasi TBC di tahun 2030 tidak hanya menjadi angan semata” tutup Nurul.

 

27 tampilan0 komentar

Comments


Artikel Lainnya

Artikel Terbaru

bottom of page