(021) 782 1932

©2018 by Forum Stop TB Partnership Indonesia. Proudly created with Wix.com

Kolaborasi Lintas Sektor Diharapkan Perkuat Pencegahan dan Pengendalian TBC di Kabupaten Sumenep


Advokasi STPI dengan Bupati Sumenep

Melalui program bertajuk Partnership Actions to Stop TB (PAST), Stop TB Partnership Indonesia (STPI) bekerja sama dengan Pondok Pesantren di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur dalam upaya pencegahan dan pengendalian TBC.

Program ini dijalankan melalui pendekatan Public-Private-Community Partnership yang tercermin dari kerjasama dan kolaborasi antara Pondok Pesantren yaitu Annuqayah dan Al-Karimiyah, Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Kesehatan, BAPPEDA, Sekretariat Daerah, organisasi komunitas, puskesmas dan sektor swasta.

Sejak bulan Juli 2019,STPI memfasilitasi pembentukan serta pelatihan kader TBC di kedua pondok pesantren tersebut dan dilanjutkan dengan skrining gejala TBC kepada santri dan masyarakat sekitar pesantren bekerjasama dengan Puskesmas setempat.

Pelatihan Kader TBC kepada santri di Pondok Pesantren Annuqayah

Total orang yang diskrining mencapai 10.033 orang. Dari hasil skrining gejala aktif TBC, 7 orang terkonfirmasi positif TBC dan sedang dalam pengobatan didampingi oleh kader TBC dari pesantren serta pengawasan Puskesmas.

STPI juga melakukan peningkatan kapasitas melalui pelatihan kader dan perawat Pondok Kesehatan Pesantren (Ponkestren) serta memfasilitasi terbentuknya santri husada (kader Ponkestren).

Pertemuan Lintas Sektor Penanggulangan TBC bersama dengan Puskesmas, Komunitas, Layanan Swasta dan Sektor Privat

Pertemuan koordinasi lintas sektor telah dilakukan oleh STPI untuk meningkatkan pemahaman terkait TBC kepada BAPPEDA, Sekretariat Daerah, Dunia Usaha (Ophir Energy Indoneisa, PT. Garam (Persero), Bank Jatim, dan Bank BPRS Bakti Sumenep), fasilitas kesehatan swasta (Dokter Praktem Mandiri, Laboratorium Fortuna, RSU Sumekar, RSI Garam Kalianget, RSIA Estho Ebhu) dan Komunitas (Gabungan organisasi wanita Kab. Sumenep, ‘Aisyiyah, Muslimat NU, LKNU, Lakpesdam, Yayasan Muh. Khasim, LKC Dompet Dhuafa, IDI, Fatayat NU).

Pertemuan-pertemuan tersebut turut mendorong komitmen lintas sektor untuk selanjutnya membentuk forum kemitraan TBC yang diharapkan mampu menjadi wadah kerja sama beragam pemangku kepentingan di Sumenep.

Pada bulan November 2019, SPTI melakukan asesmen ke pulau Gili Genteng dan Gili Raja untuk mengumpulkan informasi dasar mengenai situasi TBC serta mengidentifikasi kemampuan komunitas dan layanan kesehatan dalam penanggulangan TBC.

Asesmen dan Kajian ke Pulau Gili Genteng dan Gili Raja

Berdasarkan kajian lapangan, kebutuhan terbesar dalam penanggulangan TBC di kedua pulau tersebut adalah peningkatan pengetahuan masyarakat tentang penyakit TBC. Tantangan ini dapat diatasi melalui kemitraan dengan Fatayat NU melalui kader-kadernya ditingkat ranting.

Pemerintah Kabupaten Sumenep dan Ophir Energy Indonesia didukung oleh STPI selanjutnya akan melakukan perencanaan strategis bersama untuk pengembangan program dengan menggalang kemitraan lintas sektor.

Melalui upaya PAST yang didorong oleh STPI, diharapkan sektor swasta dapat terlibat secara konkrit dalam pencegahan dan pengendalian TBC bersama komunitas yang mewakili berbagai lapisan masyarakat di Sumenep.