top of page
Single Post: Blog_Single_Post_Widget

Berbagai aktivitas LKC dalam penanggulangan TB


Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) turut berpartisipasi dalam penanggulangan TB di Indonesia. Berikut adalah berbagai kegiatan LKC.

PENYULUHAN DI MASYARAKAT JATAKE KOTA TANGERANG

Penyuluhan TB saat pengajian ibu-ibu di Kota Tanggerang, kegiatan ini dilaksanakan oleh petugas kesehatan dari rumah sehat wahana atau Gerai Sehat Jatake dengan melalui media lembar balik.

PENYULUHAN DI MASYARAKAT TAMBUN KABUPATEN BEKASI

Bersamaan dengan acara pengobatan massal yang dilakukan oleh tim gerai sehat jatake dilakukan penyuluhan kesehatan tentang TB kepada masyarakat di wilayah Tambun, Bekasi. Pasien yang berobat pada acara tersebut mendapatkan informasi pentingnya berobat secara teratur bila sakit TB dan tidak lupa dijelaskan tentang gejala dan cara penularan TB.

PENYULUHAN PADA PASIEN DI RUMAH SEHAT WAHANA

Pasien TB dan Keluarga beserta PMO (Pengawas Menelan Obat) yang menjalani pengobatan di Rumah Sehat Wahana mendapat penyuluhan dan informasi tentang TB oleh petugas kesehatan.Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya gagal pengobatan dan mangkir sehingga tidak terjadi kasus kebal obat TB.

Sosialisasi TB, TB-HIV dan TB MDR berasal dari Tenaga Kesehatan

Petugas kesehatan di klinik swasta dan puskesmas baik dokter, perawat serta bidan di Wilayah Ciputat Tangerang selatan mendapatkan sosialisasi tentang TB, TB-HIV dan TB-MDR yang merupakan tantangan bagi petugas kesehatan kedepannya dalam pelayanan TB di fasyankes masing-masing.

PENYULUHAN PADA MASYARAKAT DI CIPUTAT TANGERANG SELATAN

Penyuluhan dilakukan di majelis ta’lim ibu-ibu yang diadakan di masjid ciputat merupakan salah satu bentuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam pengendalian TB dengan melalui kegiatan rutin keagamaan.

Kegiatan Roadshow Edukasi TB

Kegiatan Roadshow yang diselenggarakan oleh LKC ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari TB sedunia 2013 dilakukan di wilayah Bogor dan Ciputat, dengan memberikan pengetahuanbagi siswa yang dipilih untuk menjadi relawan TB dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat sekitarnya.Dalam kegiatan ini pula dilakukan kunjungan ke pasien TB untuk melatih siswa agar mampu mempraktekkan ilmu yang didapat sehingga bisa bermanfaat.

Pelayanan pasien di LKC CIPUTAT

Gambar I : Pemeriksaan dokter.

Gambar II : Pemeriksaan Sediaan.

Gambar III : Pemeriksaan Mikrokopis.

Gambar IV : Pemberian makanan tambahan kepada pasien.

Gambar V : Pemberian Obat Anti T

47 tampilan0 komentar

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru

bottom of page