Didaulat menjadi key opinion leader (KOL) untuk kampanye pemberantasan TBC Eksekutif Forum Stop TB Partnership (FSTPI), model dan presenter Donna Agnesia (39) mengaku kaget dengan data TBC di Indonesia yang masuk peringkat II di dunia setelah India.

“Setelah saya tahu kondisi TBC di Indonesia dari Ibu Mariani Reksoprodjo, Sekretaris FSTPI, saya kaget juga. Kasus TBC di Indonesia ternyata masih sangat besar. Satu juta lebih kasus per tahun,” kata istri dari aktor dan presenter Darius Sinathrya saat hadir dalam diskusi media bertopik sosialisasi kampanye nasional TBC yang digelar oleh FSTPI, Selasa (16/1/2018), di aula serba guna Lantai 3 kantor Pusat PPTI, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Donna mengaku sudah mengetahui soal TBC sejak lama. Dalam keluarganya ada salah seorang ponakannya yang terkena penyakit TBC. Namun, setelah mendapatkan penjelasan dan mencoba mencari informasi di dunia maya, ternyata kondisi TBC di Indonesia cukup memprihatinkan juga.

Ibu dari tiga anak ini mengaku punya pengalaman ketika dirinya bersama kru dari salah satu stasiun televisi pergi ke luar negeri meliput Piala Dunia. Salah satu kru batuk-batuk hingga dahaknya campur darah. “Kru itu terpaksa dipulangkan langsung ke Indonesia. Sesampai di Jakarta, dia langsung periksa. Ternyata, teman saya itu terjangkit TBC,” ujar Donna dengan tinggi badan 160 sentimeter itu.

Menurut Donna, karena potensi penularan TBC begitu tinggi, dirinya merasa tergerak untuk membantu sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya rasa kepedulian untuk upaya pencegahan TBC. Salah satunya adalah dengan menerapkan etika batuk yang baik.

Pembiasaan penggunaan masker perlu dilakukan. Sebab, kata Donna, jika batuk sembarangan, dahak yang mengandung bakteri penyebab TBC akan melayang di udara dan terhirup oleh orang-orang di sekelilingnya. “Kita harus peduli. Peduli Kita Peduli TBC,” ujar presenter yang juga pernah membintangi beberapa iklan kormesial itu.

Seperti diketahui, selain Donna, FSTPI juga mengajak aktor Reza Rahardian dan beberapa seniman mural untuk membantu kampanye nasional terkait TBC ini. FSTPI sepanjang tahun 2018 akan mencanangkan kampanye pemberantasan TBC terutama kepada generasi milenial. (aps)



Berita terkait :