Berita Pers
No. 06.06..2015


PPTI ADAKAN ACARA HALAL BIHALAL


Jakarta, 5 Agustus 2015.
Badan Pengurus Pusat PPTI pada tanggal 4 Agustus 2015 bertempat di Ruang Serbaguna, menyelenggarakan acara halal bihalal sebagai ajang bersilaturahmi untuk saling bermaaf-maafan. Acara dihadiri 80 orang terdiri dari Badan Pengawas, Badan Pengurus, Sekretariat PPTI Pusat, Dokter dan karyawan Klinik Jakarta Respiratory Center (JRC) PPTI, Pengurus Wilayah PPTI DKI Jakarta, dokter dan karyawan Klinik Baladewa dan Muara Angke milik PPTI Wilayah DKI Jakarta.
Ketua Umum BPP-PPTI Ny. Raisis Arifin Panigoro menggunakan kesempatan tersebut untuk menyampaikan perkembangan kegiatan PPTI selama setahun terakhir. Dikatakan, pada awal tahun 2014, PPTI Pusat mengirim 4 buah abstract kegiatan PPTI Cabang Kota Cimahi Jawa Barat kepada panitia World Conference ke 45 untuk diseleksi. Dari 4 abstract tersebut, 3 berhasil diterima untuk dipresentasikan. Karena itu pada akhir Oktober – awal November 2014 beberapa orang anggota pengurus PPTI Pusat mengikuti World Conference ke 45 yang diselenggarakan oleh IUATLD di Barcelona Spanyol sekaligus mendampingi 2 orang Pengurus Cabang PPTI Kota Cimahi mempresentasikan upayanya selama ini melalui 2 buah presentasi poster dan 1 buah presentasi oral di ajang konferensi dunia tersebut.
Ketua Umum BPP-PPTI menambahkan, pada akhir 2014 s/d April 2015 jajaran PPTI Pusat mempersiapkan penyelenggaraan Konferensi Kerja (Konker) di Jakarta pada tanggal 20-22 Mei 2015. Sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya PPTI Pusat berupaya menyusun berbagai pedoman untuk didiskusikan dan disepakati dalam forum Konker tersebut. Pada hari terakhir Konker, para peserta yang merupakan perwakilan 12 pengurus dari 15 pengurus wilayah dan 50 pengurus dari 53 pengurus cabang yang tercatat saat ini telah menyepakati berbagai draft pedoman yaitu :

1.Renstra PPTI 2015 – 2019.
2.Pedoman Teknis Pengorganisasian (merupakan penyempurnaan dari edisi pertama).
3.Pedoman Diklat Kader.
4.Pedoman Penyuluhan.
5.Pedoman Baksos.
6.Pedoman Fund – Raising.

Dari enam draft tersebut, 3 diantaranya telah selesai disempurnakan, yaitu Renstra PPTI 2015-2019, Pedoman Teknis Pengorganisasian, dan Pedoman Diklat Kader, sedangkan 3 pedoman lainnya akan segera diselesaikan.
Menurut Ny. Arifin Panigoro, pada tahun 2015 PPTI Pusat karena satu dan lain hal tidak menghadiri World Conference yang ke 46, yang akan diselenggarakan di Afrika Selatan pada awal Desember 2015. “ Pada tahun 2016, PPTI Pusat akan menghadiri World Conference ke-47 dengan berupaya menyiapkan abstract untuk dikirim kepada panitia. Rencananya, PPTI Pusat akan mendorong Pengurus Cabang PPTI Depok dan Pengurus Wilayah PPTI Jawa Timur untuk menyiapkan abstractnya. Insya Allah mereka sanggup dan bersedia “, ujar Ketua Umum BPP-PPTI.
Ditambahkan, dengan dana bantuan GF, PPTI telah berhasil melatih secara intensif 169 kader aktif dari 12 Cabang PPTI sebagai Implementing Unit. Sebagai informasi, PPTI Pusat melatih 240 kader dari 12 PPTI Cabang, yaitu Kab. Buleleng, Kab. Karangasem, Kab. Malang, Kab.Gunung Kidul, Kota Semarang, Kota Depok, Kota Cimahi, Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kab. Sambas, Kab. Kubu Raya, dan Kab. Batang Hari.
“ Tugas para kader adalah menengarai pasien terduga TB dan merujuk ke Puskesmas, mendampingi pengobatan pasien TB hasil rujukannya, serta memberi informasi pasien terduga TB tentang HIV/AIDS. Dengan demikian, para kader PPTI memberikan kontribusinya kepada masing-masing Dinas Kesehatan untuk menemukan kasus TB dan berupaya menekan kasus Drop Out, agar pasien TB tuntas berobat sampai sembuh sehingga tidak berpotensi menjadi MDR “, ujar Ny. Raisis.
Berita ini disiarkan oleh BPP-PPTI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon/faks: 021-7397494 atau alamat e-mail PPTI : ppti66@yahoo.com

Badan Pengurus Pusat PPTI
Drg. Mariani Reksoprodjo
Sekretaris Umum