PPTI SUSUN RENCANA STRATEGIS TAHUN 2015-2019


Berita Pers
No. 06.06.307.2015

Jakarta, 20 Mei 2015.
Sesuai Anggaran Rumah Tangga sekaligus bertepatan dengan ulang tahun ke-47, PPTI Pusat menggelar Konferensi Kerja (Konker) untuk membahas berbagai materi yang bersifat internal organisasi. Selanjutnya pada tanggal 20-22 Mei tahun 2017 akan diselenggarakan Kongres PPTI di Jakarta.
Konker diadakan di Jakarta selama 4 hari, dari tanggal 20-23 Mei 2015 dengan tujuan “Meningkatkan komitmen Pengurus PPTI “ . Adapun tujuan khusus yaitu untuk memperoleh masukan tentang : Rencana Strategis PPTI 2015-2019 dan berbagai pedoman yang akan menjadi rujukan Pengurus PPTI di setiap tingkatan. Konker diikuti 106 peserta dari Pengurus PPTI Pusat, Pengurus PPTI Wilayah dan Pengurus PPTI Cabang.
Ketua Umum Badan Pengurus Pusat PPTI Ny. Raisis Arifin Panigoro, menyatakan tugas pokok dan fungsi PPTI Pusat yaitu memberikan berbagai panduan, maka pada kesempatan Konker ini, PPTI Pusat berupaya untuk menunaikan tugas dan tanggung jawab tersebut.
“ Insya Allah sebagian besar panduan atau pedoman dapat kami selesaikan, dicetak dan didistribusikan ke seluruh pengurus wilayah dan cabang pada tahun ini “, ujar Ny. Raisis.
Selain panduan-panduan untuk melaksanakan program dan kegiatan, pada kesempatan ini Pengurus PPTI Wilayah dan Cabang diminta untuk berkontribusi dalam menentukan target yang akan dicapai terhadap indikator pada Rencana Strategis PPTI tahun 2015 - 2019. Dari evaluasi terhadap capaian target berbagai indikator yang telah ditetapkan pada Rencana Strategis PPTI tahun 2010 – 2014 telah tercapai lebih dari 80% dan berhasil dilaksanakan, kata Ketua Umum BPP-PPTI.
Ditambahkan, materi yang tak kalah penting dibahas dalam Konker adalah penyempurnaan terhadap Pedoman Teknis Organisasi edisi tahun 2010. Di samping itu, untuk menunjang tugas utama PPTI yang pertama yaitu penyuluhan, para Pengurus Wilayah dan Cabang diajak bertukar pikiran dalam menyusun Pedoman Penyuluhan dan Pedoman Diklat Kader PPTI.
Kedua pedoman ini yang menjadi rujukan penting bagi pengurus PPTI umumnya, dan khususnya pengurus PPTI Cabang sebagai implementor / pelaksana melalui kader PPTI, yang hasilnya adalah case finding ( penemuan kasus ) dan case holding ( pendampingan pengobatan ). Oleh karena itu, Ny. Raisis minta, agar pencatatan dan pelaporan hasil kerja para kader harus dilakukan dengan tertib agar bisa dihitung seberapa besar kontribusi PPTI dalam meningkatkan capaian CDR ( Case Ditection Rate = angka penemuan kasus ) maupun CR ( Cure Rate = angka kesembuhan pasien di sebuah kabupaten / kota ). br/> Ny. Raisis menambahkan, saat ini klinik PPTI hanya tersisa 6 unit, yaitu1 unit milik PPTI Pusat, 2 unit milik PPTI Wilayah DKI Jakarta, 1 unit milik PPTI Cabang Semarang, 1 unit milik PPTI Cabang Bantul, dan 1 unit milik PPTI Wilayah Jambi.
Berdasarkan assesment yang dilakukan PPTI Pusat, ternyata hasilnya banyak yang harus diperbaiki.
Para pembicara yang diundang dalam Konker adalah Ketua Forum Stop TB Partnership Indonesia, Arifin Panigoro, DR. Ir. Bambang Subianto anggota Badan Pengawas Pusat PPTI yang juga mantan Menteri Keuangan RI pada Era Presiden BJ Habibi dan Tiasa Nugraha Arisapna, SE, MPH Assisten Manager Departemen Fasilitas Kesehatan Primer BPJS Kesehatan.
Diharapkan, dengan pembekalan dan pencerahan tersebut, pengurus PPTI baik Pengurus Pusat, Pengurus Wilayah dan Pengurus Cabang bangkit kembali semangatnya, sehingga terbangun komitmen yang tinggi untuk ikut menanggulangi TB.
Untuk itulah tema yang diangkat dalam Konker Tahun 2015 adalah “ MENINGKATKAN PERAN PPTI DALAM PENANGGULANGAN TB DI INDONESIA “. Tujuan yang ingin dicapai adalah Meningkatkan Komitmen Pengurus PPTI. Adapun tujuan khusus yaitu untuk memperoleh masukan tentang : Rencana Strategis PPTI 2015-2019 dan berbagai pedoman yang akan menjadi rujukan Pengurus PPTI di setiap tingkatan.
Berita ini disiarkan oleh BPP-PPTI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon/faks: 021-7397494 atau alamat e-mail PPTI : ppti66@yahoo.com

Badan Pengurus Pusat PPTI
Drg. Mariani Reksoprodjo
Sekretaris Umum


Ketua Umum BPP-PPTI, Ny. Raisis Arifin Panigoro sedang memberikan sambutan dan sekaligus membuka Konferensi Kerja PPTI di Hotel Acacia Jakarta, 20 Mei 2015.


Ketua Umum BPP-PPTI, Ny. Raisis Arifin Panigoro (tengah) sedang memotong tumpeng dalam rangka HUT PPTI ke 47 yang didampingi Ketua III BPP-PPTI, Ny. Ishadi SK (sebelah kiri) dan Ketua II BPP-PPTI, dr.Achmad Hudoyo, Sp.P(K)(sebelah kanan) pada acara Konferensi Kerja PPTI di Hotel Acacia Jakarta, 20 Mei 2015


Ketua Umum BPP-PPTI, Ny. Raisis Arifin Panigoro sedang memberikan potongan tumpeng HUT PPTI ke 47 kepada Ketua Badan Pengawas Pusat-PPTI, Ny. Ratih Siswono Yudo Husodo,SH pada acara Konferensi Kerja PPTI di Hotel Acacia
Jakarta, 20 Mei 2015.


Foto bersama Ketua FSTPI, Arifin Panigoro (sebelah kiri), dr. H. Sulastomo, MPH salah seorang pendiri PPTI (tengah pakai baju batik biru) bersama Pengurus PPTI Pusat dan Pengurus PPTI Wilayah dan Cabang pada acara Konferensi Kerja PPTI di Hotel Acacia Jakarta, 20 Mei 2015.


Foto bersama Ketua FSTPI, Arifin Panigoro (sebelah kiri), dr. H. Sulastomo, MPH salah seorang pendiri PPTI (tengah pakai baju batik biru) bersama Pengurus PPTI Pusat pada acara Konferensi Kerja PPTI di Hotel Acacia Jakarta, 20 Mei 2015.


Asisten Manager Depertemen Faskes Primer, Tiasa Nugraha Arisapna, SE, MPH sedang menjawab pertanyaan dari peserta Konker PPTI yang di dampingi moderator dr. MC. Joyce Tumbelaka, MARS (pimpinan Klinik JRC-PPTI) di Hotel Acacia Jakarta, 21 Mei 2015.