1. Lakukan assessment terhadap masalah TB di suatu wilayah. Identifikasi gap/akar masalah dan tetapkan urutan skala prioritas yang harus dilakukan untuk menyusun rencana aksi yang sesuai. Hal ini termasuk untuk mengetahui beban masalah TB, pengetahuan, sikap dan komitmen dari stakeholder yang terlibat dalam program TB ditingkat lokal. Data yang diperoleh akan digunakan sebagai data dasar untuk selanjutnya diukur pada saat evaluasi.
  2. Upayakan menjaring kolaborasi dengan sektor swasta yang berpeluang untuk terlibat serta kesiapan untuk membentuk koalisi.
Unsur-unsur yang dibutuhkan dalam membentuk forum, antara lain :
  1. Buku Petunjuk (disusun di tingkat Pusat)
    Buku ini diharapkan sebagai pedoman yang komprehensif dimana terdapat petunjuk tentang “Who, What, When, Where, What for dan How” forum yang akan dibentuk. Walaupun didalamnya terdapat kerangka kerja, proses dan langkah-langkah yang harus dilakukan, namun sifatnya harus fleksibel sehingga disesuaikan dengan kemampuan dan keadaan lokal.
  2. Sumber Daya
    Sumber daya terpenting adalah dana, karena “tidak ada” satu kegiatanpun yang tidak membutuhkan dana, dan sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan forum. Untuk itu setiap stakeholder diharapkan dapat memanfaatkan sumber daya yang dimiliki yang merupakan bentuk komitmen bagi forum.
  3. Struktur Organisasi
    Merupakan bentuk forum dan petunjuk bagi anggota tentang tanggung jawab dan perannya masing-masing dalam forum.
  4. Sistem
    Upaya yang dibuat untuk membantu struktur sehingga dapat berjalan secara efektif dan efisien, contohnya mekanisme dalam melakukan komunikasi/pertemuan, pengambilan keputusan, monitoring, evaluasi, dsb.
  5. Stakeholder atau Anggota
    Adalah kelompok atau individu yang terlibat dalam forum yang dibagi berdasarkan fungsinya masing-masing. Setiap stakeholder atau anggota memiliki hak dan kewajiban yang harus dipatuhi agar forum berjalan searah dengan tujuan yang diharapkan.
  6. Komitmen
    Merupakan dukungan secara moral kepada forum. Komitmen yang tinggi merupakan faktor utama keberlangsungan forum yaitu dengan meluangkan waktu, upaya dan sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh forum.
LANGKAH-LANGKAH DALAM MEMBENTUK DAN MEMPERKUAT
FORUM STOP TB PARTNERSHIP
  1. Tahap Pembentukan Formasi dan Promosi
    Tahap ini adalah untuk mengidentifikasi kelompok kunci atau individu yang akan memprakarsai terbentuknya forum. Pada tahap ini dilakukan diseminasi informasi kepada stakeholder yang memiliki potensi untuk bergabung dengan forum.
    Tujuan
    • Untuk melakukan advokasi yang efektif
    • Untuk mengidentifikasi, mengajak dan memobilisasi kelompok atau individu yang dibutuhkan
    Langkah – langkah :
    1. Identifikasi kelompok atau individu yang akan memprakarsai terbentuknya forum. Kelompok atau individu adalah yang memiliki komitmen dan telah terlibat dalam program pengendalian TB, memiliki kemampuan untuk memimpin dan kapasitas dalam bekerjasama dalam suatu kelompok.
    2. Setelah dilakukan identifikasi, kemudian disusun konsep dan formasi yang akan dibentuk untuk selanjutnya melakukan advokasi kepada kelompok atau individu yang berpotensi menjadi kelompok inti dalam forum. Anggota dari kelompok inti sebaiknya kelompok atau individu yang memiliki pengaruh atau kepemimpinan yang diakui di tingkat lokal.
    3. Mengadakan pertemuan dengan peserta yang lebih luas dengan tujuan mensosialisasikan pembentukan forum tersebut di atas.
    4. Mengadakan pertemuan awal dengan “calon-calon anggota” sebagai kelanjutan butir (3) di atas. Hal ini sangat penting guna mengetahui kesediaan untuk bergabung atau berpartisipasi dalam forum berdasarkan daftar yang hadir dalam pertemuan.
  2. Tahap Pelaksanaan
  3. Tahap ini merupakan bentuk implementasi kegiatan dan mengatur jalannya forum. Tahap inilah yang merupakan bentuk kontribusi dari forum dalam mendukung program TB di suatu wilayah. Tujuan utama dari forum adalah untuk membantu Pemerintah Daerah atau Dinas Kesehatan setempat untuk menemukan kasus sebanyak-banyaknya dan menjaga agar kasus yang ditemukan dapat diobati secara tuntas dan sembuh.
    Tujuan
    • Untuk mengarahkan forum berjalan sesuai dengan perannya
    • Untuk mengimplementasikan kegiatan guna mencapai tujuan utama terbentuknya forum
    Langkah – langkah :
    1. Identifikasi kebijakan dan sumberdaya terutama dana yang sudah ada untuk mendukung program pengendalian TB ditiap tingkatan. Hal ini merupakan dasar untuk melakukan advokasi kepada pemangku kebijakan serta sebagai tolok ukur menilai keberhasilan dari advokasi yang telah dilakukan pada saat evaluasi.
    2. Implementasi kegiatan. Tahap ini sangat penting agar program maupun kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan arah yang telah ditetapkan. Namun demikian tetap harus fleksibel, tergantung dari situasi yang dihadapi. kelompok atau individu yang bertanggung jawab untuk setiap kegiatan harus melaksanakannya hingga kegiatan selesai.
    3. Mengarahkan kegiatan sesuai dengan sumber daya yang tersedia (khususnya SDM, dana dan waktu). Pilihlah kegiatan yang mempunyai daya ungkit yang besar terhadap tujuan utama.
  4. Monitoring dan Evaluasi
  5. Monitoring adalah proses untuk memantau dan memastikan kemajuan dan keberhasilan yang dicapai berjalan sesuai arah yang telah ditetapkan, sedangkan evaluasi berfungsi untuk menilai capaian target indikator program atau kegiatan. Tiap kegiatan harus dievaluasi untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan kendala yang dihadapi. Hal ini akan memperlihatkan kegiatan apa saja yang berjalan atau tidak berdasarkan laporan yang merupakan hasil pembelajaran.
    Agar evaluasi mudah dilakukan, harus ditetapkan indikator dan target yang harus dicapai (untuk setiap kegiatan dan program; indikator kegiatan merupakan indikator proses, dan indikator program merupakan indikator output)
    Pada tahap ini dinilai peran dan kontribusi dari keberadaan forum sehingga diketahui apakah dengan adanya forum dapat membantu upaya keberhasilan program TB. Selain itu untuk menilai komitmen dari masing-masing anggota bagi forum, agar mendorong kelompok untuk lebih aktif terlibat dalam forum ini.
    Tujuan
    • Untuk mengukur efektifitas keberadaan forum bagi program TB
    • Untuk mengetahui apakah kegiatan terlaksana sesuai rencana
    • Untuk mendapatkan pembelajaran dari kesalahan dan keberhasilan yang diperoleh
    • Untuk memperlihatkan hasil keterlibatan dan kontribusi dari anggota forum yang masih rendah
    • Untuk menentukan apakah mampu melakukan ekspansi
    Sebaiknya monitoring dilakukan 6 bulan sekali dan evaluasi dilakukan 1 tahun sekali.
    Langkah – langkah :
    1. Membuat “alat” untuk menilai kegiatan selama dan setelah terlaksana
    2. Menyusun rencana tindak lanjut berdasar hasil evaluasi