Dalam mengendalikan TB akan sulit bila dilakukan oleh masing-masing kelompok tanpa adanya kerjasama dan koordinasi, yang mengakibatkan hasil yang akan dicapai tidak maksimal. Semakin banyak dan luasnya pihak-pihak yang terlibat akan lebih memberikan dampak yang lebih baik.
Diharapkan dengan forum ini dapat :
  1. Membantu pemerintah dalam mencapai target terhadap indikator nasional yang telah ditetapkan.
  2. Membentuk kelompok yang mampu melakukan advokasi kepada pengambil keputusan/kebijakan tentang TB dan memiliki pengaruh yang kuat. Gabungan dari berbagai kelompok akan memiliki kesempatan untuk lebih didengar dan didukung oleh pemegang kebijakan jika dibandingkan dengan perorangan atau satu kelompok saja. Gabungan kelompok ini dapat memberikan “tekanan” agar kebijakan yang diterbitkan dapat memastikan kualitas layanan TB bagi masyarakat.
  3. Melaksanakan kegiatan yang efektif dan efisien dalam menjalankan program TB yang berbasis masyarakat secara luas.
  4. Mengkoordinasi kegiatan yang terkait TB dalam satu kelompok, sehingga tidak terjadi duplikasi atau tumpang tindih kegiatan yang sama pada wilayah yang sama.
  5. Meningkatkan kewaspadaan tentang TB di masyarakat dan sektor lainnya melalui berbagai bentuk kegiatan seperti kampanye, mobilisasi sosial dsb.
  6. Membantu mendorong perubahan sikap dalam mencari layanan kesehatan dan kebiasaan yang tidak sesuai standar yang dilakukan oleh dokter dalam memberikan pengobatan TB.
  7. Memberdayakan semua elemen ditingkat lokal.