ARIFIN PANIGORO KETUA FORUM
STOP TB PARTNERSHIP INDONESIA
Jakarta, 8 Maret 2013
Arifin Panigoro, salah seorang pengusaha nasional dan mantan anggota DPR-RI secara aklamasi terpilih menjadi Ketua/Chair Forum Stop TB Partnership Indonesia pada petemuan organisasi peduli TB tanggal 7 Maret 2013 di Jakarta. Forum Stop TB Partnership Indonesia adalah organisasi Peduli TB yang berdiri sejak tahun 2000, merupakan mitra pemerintah dalam penanggulangan TB.
Pada pertemuan tersebut juga dihadiri Prof. Dr.dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp.P., MARS, Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI sekaligus memberikan dukungan dan menyambut baik terpilihnya Arifin Panigoro sebagai Ketua. Bagi Arifin Panigoro, organisasi peduli TB sudah tidak asing lagi karena, istri beliau - Ny. Raisis Arifin Panigoro sudah sejak lama berkecimpung dalam organisasi sosial yang khusus bergerak di bidang pemberantasan TB dan sekarang sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Pusat PPTI masa bakti 2012-2017.
Di Negara-negara lain kawasan Pasifik Barat dan Asia Tenggara seperti Korea Selatan, Jepang dan Filipina, Forum Stop TB Partnership telah lama memiliki Ketua, sehingga dukungan kemitraan dalam penanggulangan TB di negara-negara tersebut telah maju pesat.
Berangkat dari pengalaman negara-negara tersebut, PPTI pada bulan Oktober 2012 mendapat kehormatan menghadiri Pertemuan Pertama Forum Stop TB Partnership Kawasan Pasifik Barat dan Asia Tenggara di Seoul, Korea Selatan menginisiasi ditetapkannya Ketua Forum Stop TB Partnership Indonesia.
Pada Pertemuan Pertama Forum Stop TB Partnership di Seoul, Korea Selatan yang berlangsung tanggal 20 – 24 Oktober yang lalu, selain merupakan forum tukar menukar informasi dan pengalaman para mitra bersama pemerintah menanggulangi penyakit TB, juga meminta Indonesia sebagai tuan rumah Pertemuan Kedua Forum Stop TB Kawasan Pasifik Barat dan Asia Tenggara pada Oktober 2014 dan PPTI diharapkan dapat mengorganisir kegiatan tersebut.
Anggota Forum Stop TB Partnership Indonesia saat ini yaitu : PPTI, IDAI, PDPI,PKK, Majelis Pimpinan Pusat Aisyiyah, Koalisi untuk Indonesia Sehat, Kwarnas Gerakan Pramuka, Lembaga Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhu’afa, Lembaga Pengembangan Masyarakat Indonesia, Majelis Kesehatan Muhamadiyah, Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam, Persekutuan Pelayanan Kristen untuk Kesehatan di Indonesia, Persatuan Dharma Kesehatan Indonesia, Persatuan Perawat Nasional Indonesia, Pamali, Dewan Masjid Indonesia, Yayasan Spiritia, Yapari, Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia, Jaringan Peduli Tuberkulosis Indonesia, IKK-UI, Yayasan Kusuma Buana, HOPE Indonesia, KNCV, WHO dan FHI.
Berita ini disiarkan oleh Sekretariat Pusat Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: (021) 7397494, faksimili: (021) 7228123, atau e-mail ppti66@yahoo.com.

Badan Pengurus Pusat PPTI
Drg. Mariani Reksoprodjo
Sekretaris Umum

Gambar I : Dirjen PP&PL KEMENKES RI Prof.Dr.dr.Tjandra Yoga Aditama, Sp.P, MARS memberikan ucapan selamat kepada  Arifin Panigoro sebagai Ketua Forum STOP TB PARTNERSHIP Indonesia.


Gambar II : Pertemuan Anggota Forum STOP TB PARTNERSHIP tanggal 7 Maret 2013 di Hotel Acacia